Selasa, 01 Mei 2012

RPP ikatan ion dan kovalen

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMA N 1 Inderalaya Utara
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/Semester            : X/1
Materi Pembelajaran   : ikatan ion dan ikatan kovalen
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

I.         Standar Kompetensi : Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik, dan ikatan kimia

II.           Kompetensi Dasar     : Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk.

III.                Indikator
A.    Kognitif
-          Produk
1.      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion
2.      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga
3.      Memberikan contoh senyawa-senyawa ionik
4.      Memberikan contoh senyawa-senyawa kovalen
-          Proses
1.      Mendeskripsikan proses terbentuknya ikatan ion dan kovalen
2.      Mengidentifikasi ikatan ion dan ikatan kovalen
3.      Memperkirakan rumus senyawa ionik yang terbentuk dari reaksi unsur logam dan unsur nonlogam

B.     Afektif
-          Karakter
                                                                              1.            Jujur
                                                                              2.            tepat waktu
-          keterampilan social
1.      menghargai pendapat  orang lain
2.      mengemukakan pendapat atau menyumbang ide
3.      aktif bertanya
4.      pendengar yang baik

IV.               Tujuan Pembelajaran
A.    Kognitif
-          Produk
1.      Secara mandiri peserta didik dapat menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion dengan benar.
2.      Secara mandiri peserta didik dapat menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga dengan benar.
3.      Dengan Tanya jawab peserta didik dapat memberikan contoh senyawa-senyawa ion dan kovalen dengan benar.
-          Proses
1.      Diberikan soal latihan mengenai ikatan kimia peserta didik dapat mengidentifikasi ikatan ion dan ikatan kovalen sesuai dengan kunci jawaban.
2.      Diberikan gambar-gambar animasi tentang ikatan kimia peserta didik dapat mendeskripsikan proses terbentuknya ikatan ion dan kovalen dengan benar.
3.      Diberikan latihan soal mengenai ikatan ion peserta didik dapat memperkirakan rumus senyawa ionik yang terbentuk dari reaksi unsur logam dan unsur nonlogam sesuai dengan kunci jawaban.

B.     Afektif
1.      Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan  dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, hati-hati, dan teliti.
2.      Keterampilan sosial: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
V.                 Model dan Metode Pembelajaran
                        Model Pembelajaran               : Model Pembelajaran langsung
     Metode Pembelajaran                : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas

VI.               Proses Belajar Mengajar
A.    Pendahuluan (10 menit)
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.   Salam dan doa pembuka
2.   Guru mengingatkan kembali materi pelajaran sebelumnya tentang kestabilan unsur dan konfigurasi elektron. (Fase 1
3.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran produk, proses, karakter dan keterampilan sosial. (Fase 1)
1 menit
7 menit

2 menit

B.     Inti (70 menit)
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.      Memotivasi siswa dengan memperlihatkan video pada power point. (Fase 2)
2.      Dengan tanya jawab dijelaskan karakteristik ikatan ion dengan cara menunjuk peserta didik untuk menyumbang ide dan meminta peserta didik yang lain untuk mendengarkan ide dari temannya atau menghargai pendapat temannya. (Fase 2)
3.      Dengan tanya jawab dijelaskan pembentukan ion positif dan ion negative dalam power point. (Fase 2)
4.      Dengan tanya jawab diberikan unsur-unsur yang termasuk dalam ikatan ion  dan menjelaskan cirri-ciri senyawa ionic. (Fase 2)
5.      Guru memberi contoh dan penjelasan mengenai ikatan ion. (Fase 2)
6.      Guru memberi penjelasan konsep ikatan kovalen. (Fase 2)
7.      Guru memberi penjelasan terjadinya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga beserta contohnya. (Fase 2)
8.      Guru memberikan latihan soal mengenai ikatan kovalen di papan tulis. (Fase 2)
9.      Guru membimbing peserta didik mengerjakan soal tersebut untuk memahami ikatan ion dan kovalen. Dengan cara meminta peserta didik jujur dan bertanya bila belum mengerti dan peserta didik yang lain menyumbang idenya jika ada teman yang bertanya. (Fase 3)
10.  Guru memberikan umpan balik terhadap peserta didik dengan bertanya kepada beberapa peserta didik sambil memuji pada aspek-aspek yang sudah dipahami dan memberi penjelasan ulang kepada aspek yang belum dipahami. (Fase 4)
11.  Guru memberikan tes evaluasi kepada peserta didik dengan mengerjakan soal yang terlampir, terkait dengan ikatan kimia. (Fase 5)
12.  Guru bersama peserta didik membahas soal yang dikerjakan, dengan membahas pekerjaan tersebut guru dapat mengecek pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Jawaban disesuaikan dengan kunci jawaban di lampiran dan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya. (Fase 5)
1 menit

5 menit



3 menit

3 menit

6 menit
5 menit
10 menit

2 menit

8 menit



2 menit



10 menit


15 menit



C.    Penutup (10 menit)
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.      Guru merangkum butir-butir penting seluruh pembelajaran dengan menanyakan kepada peserta didik apa saja yang telah dipelajarinya. (Fase 4)
2.      Guru memberikan tugas rumah reading house dan meringkasnya tentang ikatan logam yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. (Fase 5)
8 menit


2 menit

VII.             Alat dan Sumber Belajar
-          LCD dan Laptop
-          Silabus
-          Table periodik Unsur
-          Buku kimia SMA kelas X
-          Animasi ikatan ion dan kovalen
-          LP 1: Kognitif
-          Kunci  LP 1: Kognitif
-          LP 2: Karakter
-          LP 3: Keterampilan sosial
VIII.           Penilaian
Tekhnik penilaian        : tes tertulis dan tes lisan
Bentuk instrument      : pilihan ganda dan essay
Jenis tagihan                : Kuis dan ulangan harian.


DAFTAR PUSTAKA
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTS. Digandakan oleh Kegiatan Penyelenggaraan Sosialisasi/Diseminasi/Seminar/Workshop/Publikasi Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
http://rpp-kelas-x.html. Diakses 11 November 2011.
Sunarya, Yayan, dkk. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Kimia. Jakarta: Pusat PerbukuanDepartemen Pendidikan Nasional.
Utami, budi, dkk. 2009. Kimia SMA Kelas X. Jakarta: Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Lampiran
LP 1 : Kognitif
     1.      Unsur dengan konfigurasi elektron: 2, 8, 8, 2, jika akan mengikat unsur lain untuk membentuk senyawa, maka langkah terbaik dengan … .
A. pelepasan 1 elektron, sehingga bermuatan 1+
B. pelepasan 2 elektron, sehingga bermuatan 2+
C. penangkapan 1 elektron, sehingga bermuatan 1–
D. penangkapan 2 elektron, sehingga bermuatan 2–
E. memasangkan 2 elektron dengan 2 elektron lainnya
     2.      Atom 12A mempunyai ciri … .
A. elektron valensi 4
B. cenderung melepas 4 elektron
C. terdapat 2 elektron pada kulit terluar
D. cenderung menangkap 4 elektron
E. cenderung memasangkan 4 elektron
     3.      Diketahui data suatu senyawa adalah:
(i) berikatan ion
(ii) rumus ikatan XY2
(iii) jika dilarutkan dalam air menghantarkan listrik
Dari data tersebut, X adalah unsur golongan … .
A. IA               D. VIA
B. IIA                         E. VIIA
C. IIIA
      4.      Unsur 19X bereaksi dengan 16Y membentuk senyawa dengan ikatan … dan rumus kimia … .
A. ion; XY
B. ion; XY2
C. ion; X2Y
D. kovalen; XY
E. kovalen; X2Y
      5.      Senyawa berikut mempunyai ikatan kovalen tunggal, kecuali … .
A. H2O (nomor atom H = 1 dan O = 8 )
B. HCl (nomor atom H = 1 dan Cl = 17)
C. NH3 (nomor atom N = 7 dan H = 1)
D. CH4 (nomor atom C = 6 dan H = 1)
E. CO2 (nomor atom C = 6 dan O = 8)
       6.      Senyawa berikut yang mempunyai 2 buah ikatan kovalen rangkap dua adalah…
A. SO2 (nomor atom S = 16 dan O = 8)
B.  SO3 (nomor atom S = 16 dan O = 8)
C.  CO2 (nomor atom C = 6 dan O = 8)
D. NO2 (nomor atom N = 7 dan O = 8)
E.  Al2O3 (nomor atom Al = 13 dan O = 8)
7.              Dari gambar disamping, ikatan apakah yang terjadi…
a.       Ikatan ion
b.      Ikatan kovalen tunggal
c.       Ikatan kovalen rangkap dua
d.      Ikatan kovalen rangkap tiga
e.       Ikatan logam


LP 2 : KARAKTER
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Siswa:                                                     Kelas:                                          Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A = sangat baik                                               B = Memuaskan
C = menunjukkan kemajuan                           D = memerlukan perbaikan

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
A
B
C
D
Keterangan
1
Jujur





2
Tanggung jawab





4
Teliti





Palembang, 21 November 2011                                       
pengamat
                                   
                                                                                    (                                   )



LP 3: KETERAMPILAN SOSIAL

Format Pengamatan Keterampilan Sosial

Siswa:                                                     Kelas:                                          Tanggal:

Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
A = sangat baik                                               B = Memuaskan
C = menunjukkan kemajuan                           D = memerlukan perbaikan

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
A
B
C
D
Keterangan
1
Bertanya/respon





2
Menyumbang ide atau pendapat





3
Menjadi pendengar yang baik





4
Menghargai pendapat orang lain






Palembang, 21 November 2011                                  
pengamat






(                                   )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar