RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA N 1 Inderalaya Utara
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pembelajaran : ikatan ion dan ikatan kovalen
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Standar
Kompetensi : Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik, dan ikatan
kimia
II. Kompetensi
Dasar :
Membandingkan proses pembentukan ikatan ion,
ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya
dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk.
III.
Indikator
A. Kognitif
-
Produk
1. Menjelaskan
proses terbentuknya ikatan ion
2. Menjelaskan
proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga
3. Memberikan
contoh senyawa-senyawa ionik
4. Memberikan
contoh senyawa-senyawa kovalen
-
Proses
1. Mendeskripsikan
proses terbentuknya ikatan ion dan kovalen
2. Mengidentifikasi
ikatan ion dan ikatan kovalen
3. Memperkirakan
rumus senyawa ionik yang terbentuk dari reaksi unsur logam dan unsur nonlogam
B. Afektif
-
Karakter
1.
Jujur
2.
tepat waktu
-
keterampilan social
1. menghargai
pendapat orang lain
2. mengemukakan
pendapat atau menyumbang ide
3. aktif
bertanya
4. pendengar
yang baik
IV.
Tujuan Pembelajaran
A.
Kognitif
-
Produk
1. Secara mandiri peserta didik dapat menjelaskan proses terbentuknya
ikatan ion dengan benar.
2. Secara
mandiri peserta didik dapat menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen
tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga dengan benar.
3. Dengan
Tanya jawab peserta didik dapat memberikan contoh senyawa-senyawa
ion dan kovalen dengan benar.
-
Proses
1. Diberikan
soal latihan mengenai ikatan kimia peserta didik dapat mengidentifikasi ikatan
ion dan ikatan kovalen sesuai dengan kunci jawaban.
2. Diberikan
gambar-gambar animasi tentang ikatan kimia peserta didik dapat mendeskripsikan
proses terbentuknya ikatan ion dan kovalen dengan benar.
3. Diberikan
latihan soal mengenai ikatan ion peserta didik dapat memperkirakan rumus
senyawa ionik yang terbentuk dari reaksi unsur logam dan unsur nonlogam sesuai
dengan kunci jawaban.
B. Afektif
1. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada
siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan
dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab,
hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa,
paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan
dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide
atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
V.
Model
dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Model Pembelajaran langsung
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas
VI.
Proses Belajar Mengajar
A. Pendahuluan
(10 menit)
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
Salam dan doa pembuka
2.
Guru mengingatkan kembali materi
pelajaran sebelumnya tentang kestabilan unsur dan konfigurasi elektron. (Fase
1
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran produk, proses, karakter dan keterampilan sosial. (Fase 1)
|
1 menit
7 menit
2 menit
|
B.
Inti
(70 menit)
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1. Memotivasi
siswa dengan memperlihatkan video pada power point. (Fase 2)
2. Dengan
tanya jawab dijelaskan karakteristik ikatan ion dengan cara menunjuk peserta
didik untuk menyumbang ide dan meminta peserta didik yang lain untuk
mendengarkan ide dari temannya atau menghargai pendapat temannya. (Fase 2)
3. Dengan
tanya jawab dijelaskan pembentukan ion positif dan ion negative dalam power
point. (Fase 2)
4. Dengan
tanya jawab diberikan unsur-unsur yang termasuk dalam ikatan ion dan menjelaskan cirri-ciri senyawa ionic.
(Fase 2)
5. Guru
memberi contoh dan penjelasan mengenai ikatan ion. (Fase 2)
6. Guru
memberi penjelasan konsep ikatan kovalen. (Fase 2)
7. Guru
memberi penjelasan terjadinya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap
tiga beserta contohnya. (Fase 2)
8. Guru
memberikan latihan soal mengenai ikatan kovalen di papan tulis. (Fase 2)
9. Guru
membimbing peserta didik mengerjakan soal tersebut untuk memahami ikatan ion
dan kovalen. Dengan cara meminta peserta didik jujur dan bertanya bila belum
mengerti dan peserta didik yang lain menyumbang idenya jika ada teman yang bertanya.
(Fase 3)
10. Guru
memberikan umpan balik terhadap peserta didik dengan bertanya kepada beberapa
peserta didik sambil memuji pada aspek-aspek yang sudah dipahami dan memberi
penjelasan ulang kepada aspek yang belum dipahami. (Fase 4)
11. Guru
memberikan tes evaluasi kepada peserta didik dengan mengerjakan soal yang
terlampir, terkait dengan ikatan kimia. (Fase 5)
12. Guru
bersama peserta didik membahas soal yang dikerjakan, dengan membahas
pekerjaan tersebut guru dapat mengecek pemahaman peserta didik terhadap
pembelajaran yang telah dilakukan. Jawaban disesuaikan dengan kunci jawaban
di lampiran dan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya. (Fase
5)
|
1 menit
5 menit
3 menit
3 menit
6 menit
5 menit
10 menit
2 menit
8 menit
2 menit
10 menit
15 menit
|
C.
Penutup
(10 menit)
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1. Guru
merangkum butir-butir penting seluruh pembelajaran dengan menanyakan kepada
peserta didik apa saja yang telah dipelajarinya. (Fase 4)
2. Guru memberikan tugas rumah reading
house dan meringkasnya tentang ikatan logam yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya. (Fase 5)
|
8 menit
2 menit
|
VII.
Alat
dan Sumber Belajar
-
LCD dan Laptop
-
Silabus
-
Table periodik Unsur
-
Buku kimia SMA kelas X
-
Animasi
ikatan
ion dan kovalen
-
LP 1: Kognitif
-
Kunci
LP 1: Kognitif
-
LP
2: Karakter
-
LP
3: Keterampilan sosial
VIII.
Penilaian
Tekhnik
penilaian : tes tertulis dan tes
lisan
Bentuk
instrument : pilihan ganda dan essay
Jenis
tagihan : Kuis dan ulangan
harian.
DAFTAR
PUSTAKA
BSNP (Badan Standar
Nasional Pendidikan). 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran. Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTS. Digandakan
oleh Kegiatan Penyelenggaraan Sosialisasi/Diseminasi/Seminar/Workshop/Publikasi
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
http://rpp-kelas-x.html. Diakses 11 November 2011.
Sunarya,
Yayan, dkk. 2009. Mudah dan Aktif Belajar
Kimia. Jakarta: Pusat PerbukuanDepartemen Pendidikan Nasional.
Utami,
budi, dkk. 2009. Kimia SMA Kelas X. Jakarta:
Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Lampiran
LP 1 : Kognitif
1. Unsur
dengan konfigurasi elektron: 2, 8, 8, 2, jika akan mengikat unsur lain untuk
membentuk senyawa, maka langkah terbaik dengan … .
A. pelepasan 1 elektron, sehingga
bermuatan 1+
B.
pelepasan 2 elektron, sehingga bermuatan 2+
C. penangkapan 1 elektron, sehingga bermuatan 1–
D. penangkapan 2 elektron, sehingga bermuatan 2–
E. memasangkan 2 elektron dengan 2 elektron lainnya
2. Atom 12A
mempunyai ciri … .
A. elektron
valensi 4
B.
cenderung melepas 4 elektron
C. terdapat
2 elektron pada kulit terluar
D.
cenderung menangkap 4 elektron
E. cenderung memasangkan 4 elektron
3. Diketahui
data suatu senyawa adalah:
(i) berikatan ion
(ii) rumus ikatan XY2
(iii) jika dilarutkan dalam air menghantarkan listrik
Dari data tersebut, X adalah unsur golongan … .
A. IA D. VIA
B. IIA E.
VIIA
C. IIIA
4. Unsur 19X
bereaksi dengan 16Y membentuk senyawa dengan ikatan … dan
rumus kimia … .
A. ion; XY
B. ion; XY2
C. ion; X2Y
D. kovalen; XY
E. kovalen; X2Y
5. Senyawa
berikut mempunyai ikatan kovalen tunggal, kecuali … .
A. H2O (nomor atom H = 1 dan O = 8 )
B. HCl (nomor atom H = 1 dan Cl = 17)
C. NH3 (nomor atom N = 7 dan H = 1)
D. CH4 (nomor atom C = 6 dan H = 1)
E. CO2 (nomor atom C = 6 dan O = 8)
6. Senyawa
berikut yang mempunyai 2 buah ikatan kovalen rangkap dua adalah…
A. SO2 (nomor
atom S = 16 dan O = 8)
B. SO3 (nomor
atom S = 16 dan O = 8)
C. CO2 (nomor
atom C = 6 dan O = 8)
D. NO2 (nomor
atom N = 7 dan O = 8)
E. Al2O3
(nomor atom Al = 13 dan O = 8)
7.
Dari
gambar disamping, ikatan apakah yang terjadi…
a.
Ikatan ion
b.
Ikatan kovalen tunggal
c.
Ikatan kovalen rangkap dua
d.
Ikatan kovalen rangkap tiga
e.
Ikatan logam
LP 2 : KARAKTER
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Siswa:
Kelas:
Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut
ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut
ini:
A = sangat baik B = Memuaskan
C = menunjukkan kemajuan D
= memerlukan perbaikan
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
A
|
B
|
C
|
D
|
Keterangan
|
1
|
Jujur
|
|||||
2
|
Tanggung jawab
|
|||||
4
|
Teliti
|
Palembang, 21 November 2011
pengamat
pengamat
( )
LP 3: KETERAMPILAN SOSIAL
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Siswa:
Kelas:
Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas
keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
A = sangat baik B
= Memuaskan
C = menunjukkan kemajuan D
= memerlukan perbaikan
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
A
|
B
|
C
|
D
|
Keterangan
|
1
|
Bertanya/respon
|
|||||
2
|
Menyumbang ide atau pendapat
|
|||||
3
|
Menjadi pendengar yang baik
|
|||||
4
|
Menghargai pendapat orang lain
|
Palembang, 21 November 2011
pengamat
( )
pengamat
( )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar